Catatan rdh

menggambarkan apa yang dilhat, menyampaikan apa yang didengar dan meluahkan apa yang dirasa

Kenapa Saya Menulis September 26, 2008

Filed under: Uncategorized — rinahasan @ 11:03 pm
Tags:

Dalam satu diskusi dalam milis para penulis muda, moderator bertanya ‘’tujuan seseorang menulis ‘’. Tema yang sudah biasa sebenarnya namun masih sangat menarik karena ini akan membuat seseorang menyadari motivasi apa yang membuatnya menulis, termasuk saya, karena banyak hal yang mendasari seseorang untuk menulis.

Pada dasarnya sebagai hamba yang beriman menulis adalah salah satu langkah kita menuju keridhaanNya karena apapun yang kita lakukan termasuk menulis hendaknya bisa menjadi ibadah, (tul nggak?), menulis barangkali bisa menjadi sarana saya untuk beribadah syukur-syukur bisa menjadi sarana dakwah dan membawa yang lain kearah perbaikan, tentunya perbaikan itu harus saya sendiri yang memulainya.


Disisi lain, menulis bagi saya mempunyai banyak tujuan, pertama saya sangat ingin menggambarkan apa yang saya lihat, menyampaikan apa yang saya dengar dan menjelaskan apa yang saya fikirkan. Yang terkadang..tidak bisa diluahkan dalam pembicaraan atau apapun selain menulis. Saya tidak bisa melukis, bahkan nilai menggambar saya disekolah sangat memalukan, bahkan hingga saat ini saya tidak bisa menggambar garis dengan lurus dan benar tanpa bantuan penggaris..(mengerikan ya), makanya satu satunya cara menggambarkan apa yang saya lihat ya dengan menulis…


Mungkin juga…karena saya orangnya kalau marah lebih banyak diam (padahal kalau lagi normal /lagi senang ) saya orangnya cerewet banget, kemarahan mampu membuat saya menutup mulut untuk tidak bicara dlaam beberapa lama, biasanya muara dari kemarahan itu adalah menulis dan anehnya cara ini selalu…..Manjur. kemarahan berkurang..sehingga saya bisa berfikir..ternyata masalahnya.. tidaklah seberat itu.


Kadang juga…saya menyadari bahwa saya untuk beberapa hal adalah introvent, sangat tertutup, sehingga kadang kadang awan kesedihan  dan kelukaaan seakan akan enggan mampir dalam hidup saya, padahal…hujan kesedihan dan badai kelukaan sudah memporak porandakan hati dan hidup saya. Hanya saja saya selalu berusaha tampilkan senyum dan tawa diwajah saya, tangis dan luka hanyalah saya uraikan pada Tuhan …dan pada Tulisan.


Dari semua itu…agaknya tujuan menulis bagi saya adalah..sesuatu yang bersifat objektif , untuk meluahkan kemarahan, untuk menyusutkan kesedihan dan untuk menguraikan kelukaan. Bahkan tak jarang menulis adalah untuk membesarkan diri sendiri, memuji diri sendiri….tapi….siapa lagi yang memuji kalau tidak saya sendiri (he he he ) Saya harus dengan jujur mengakui bahwa ..menulis bagi saya benar benar bertujuan Objektif dan untuk kepentingan pribadi.


Namun seiring perjalanan usia dan waktu..saya bermimpi dalam hati satu saat tulisan saya  benar benar mampu menjadi hikmah dan sesuatu yang berguna, pertama berguna bagi orang lain (seperti memberikan pengetahuan, hiburan dan lainnya lainya) dan kedua ..syukur syukur kalau berguna bagi pribadi saya (lagi nee), seperti menjadi terkenal misalnya…., ya siapa tahu satu saat nanti tulisan saya bisa menjadi buku dan siapa tahun juga bukunya bisa terkenal dan dibeli banyak orang , bisa menjadi kaya dan terkenal, seperti Habiburahman misalnya..atau seperti JK rowling. Wah hebat nee…


Hanya satu yan pasti, menulis menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan saya saat ini, Ya iyalah, pekerjaan saya sebagai reporter saja setiap harinya mewajibkan saya menulis, saya juga lebih banyak berkomunikasi dengan tulisan, sehingga saya dengan cuek mungkin bisa mengatakan: tujuan saya menulis… ”agar saya tetap hidup  karena menulis tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saya ”, ya kalau tidak menulis maka saya nggak bekerja..kalau nggak bekerja ..ya nggak makan..


Namun saya juga menyadari… .saya belum bisa berbuat apa apa dalam tulisan saya, saya masih perlu banyak belajar sehingga apa yang saya tulis tidak hanya menjadi tulisan kosong belaka dan habis bagaikan embun yang menguap ditimpa mentari. Dalam tulisan saya terkadang terkesan garing dan tidak menyentuh..walaupun saya setiap harinya menulis…….saya memang masih perlu banyak belajar……..

Kampar, ramadhan 1429 Hijriah

 

Tinggalkan Balasan

